Menjernihkan Minyak Goreng Bekas (jelantah)

Menjernihkan Minyak Goreng Bekas (jelantah)

Dalam dunia masak memasak terutama para koki keluarga, goreng menggoreng sangat erat kaitannya dengan sisa minyak goreng atau jelantah.
Warna minyak goreng bekas ini so pasti akan tidak sama dengan yang baru bahkan terkesan jorok karena tidak bening dan kinclong lagi, lantas apakah minyak ini bisa kita jernihkan lagi?

Ini beberapa tip untuk menjernihkan minyak jelantah :

    Dengan Ramuan buah Mengkudu.Mula-mula buah mengkudu ditumbuk, lalu diperas untuk diambil sarinya. Campur dengan ukuran 1 buah mengkudu untuk 1/4 liter jelantah. Setelah tercampur, dibiarkan selama kurang lebih 5 sampai 10 menit, selanjutnya diendapkan, dipanaskan pada suhu 50 derajat celcius, dan terakhir disaring.

  • Dengan menggunakan Arang Sekam
    Caranya dengan mencampurkan atau menggoreng arang sekam dalam kadar tertentu ke dalam minyak goreng yang telah dipakai. Satu persen saja arang sekam itu dicelupkan dalam minyak goreng panas selama 30 menit, akan menjernihkan minyak bekas yang secara kimia, fisik, maupun organoleptik, mendekati kualitas minyak yang masih segar
  • Arang Kayu
    Ambil arang kayu lalu tumbuk sampai halus. Masukkan gerusan arang kayu itu pada minyak jelantah. Ukuran pemakaian, 2 kepal arang kayu untuk satu kilogram minyak jelantah. Aduk sampai rata, tunggu sampai 5 menit lalu saring dengan kain bersih. 

  • 1 komentar :