Cara Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket dan Matangnya Pas

Cara Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket dan Matangnya Pas

Cara Menggoreng ikan agar tidak lengket memang perlu tips. kadang memang Menggoreng ikan kadang tidak bisa rapi. Kulit ikan menempel di wajan, atau ekor ikan yang digoreng patah, sehingga penampilannya tidak cantik. Paling kesal jika warna ikan kehitaman sehingga kurang menarik selera. 

Untuk itu ikuti tips berikut agar ikan goreng tidak lengket dan  tampil menarik.

* Pertama, panaskan dahulu wajannya, kemudian tuang minyak goreng. Wajan yang panas akan membuat ikan tidak menempel, sehingga ikan akan langsung digoreng dalam minyak.

* Untuk ikan dengan sirip atau ekor yang utuh, alasi ikan dengan daun pisang, supaya  saat ikan matang dan kering, langsung terkelupas dari daun pisang.

* Ingin ikan goreng dengan warna kuning cantik? Gunakan minyak goreng baru. Lalu rendam ikan dalam air dan garam saja, jangan di dalam air asam jawa. Karena asam jawa akan membuat ikan hitam dan minyak goreng kotor.

MENGGORENG IKAN agar matang pas dan nikmat
1. Menggoreng ikan mas atau ikan gurame ukuran besar. Supaya hasilnya matang rata dan kulitnya tetap cantik, ikuti tips berikut. Bungkus ikan dengan daun pisang, lalu goreng. Setelah ikannya kering, daun akan lepas dengan sendirinya.

2. Menggoreng ikan ukuran kecil atau sedang, ada juga caranya. Panaskan wajan dahulu, kemudian tuang minyak gorengnya. Setelah panas, baru masukkan ikan, goreng sampai kering baru di balik.

3. Menggoreng ikan gurame dengan sayap melebar (seperti perahu). Kerat daging ikan di bagian perut hingga punggung, hati-hati jangan sampai putus. Ikat dengan benang bola agar daging ikan merekah, kemudian goreng dalam minyak panas sedang dalam jumlah banyak. Ikan akan merekah dan matang merata.

4. Ikan duri lunak cenderung mudah hancur kalau digoreng. Nah, untuk menggorengnya, celup ikan duri lunak ke dalam telur terlebih dahulu sebelum digoreng. Selain rasanya lebih enak, penampilan ikanpun akan lebih cantik.

5. Untuk ikan teri, gunakan api kecil saja. Selain matang merata, ikan teri juga akan lebih renyah.

dengan cara menggoreng ikan yang tidak lengket, maka tampilan masakan ikan bisa lebih menarik












2 komentar :