Tips Cara Memilih Ikan yang Segar dan Sehat

Tips Cara Memilih Ikan yang Segar dan Sehat

cara memilih ikan yang segar hendaknya dilakukan dengan baik, karena MENYANTAP hidangan ikan jika diolah dari ikan yang tidak segar akan terasa gatal di mulut dan bau amisnya sulit hilang. Untuk itu, Anda perlu tahu bagaimana cara memilih ikan yang segar saat sedang berbelanja.

Beberapa dari kita sering mendengar jika ikan yang masih segar insannya akan berwarna merah karena darah ikan yang baru ditangkap masih menempel. Tetapi itu bukan jaminan, bisa saja ada kecurangan dari penjual dengan memberi pewarna merah yang lazim disebut wantek.

“Kalau mau memastikan apakah benar-benar segar, periksa bagian belakang insan ikan, ada yang seperti urat. Itu dipencet, jika merah wantek pasti ketahuan, warnanya kan beda sama merah darah,” jelas Dicky, Supervisor Store Pempek Megaria yang telah 10 tahun lebih mendalami proses pemilihan bahan untuk pembuatan pempek Palembang kepada Okezone baru-baru ini.

Tambahnya, yang bisa Anda amati langsung dalam memilih ikan yang segar yaitu dengan memperhatikan bola mata ikan. Jika mata ikan bening maka dipastikan masih segar, tapi jika warnanya mulai pucat maka ikan itu telah bermalam.

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyentuh ikan secara langsung. Jika ikan Anda tekan bagian perutnya dan akan cepat kembali ke bentuk semula, maka ikan terbilang segar. Berbeda dengan ikan yang telah bermalam, biasanya daging ikan tidak lentur lagi atau agak lama kembali ke bentuk semula

Ciri-ciri ikan segar adalah sebagai berikut :
1. Warna kulit terang dan cerah
2. Daging ikan bila ditekan terasa keras.
3. Mata jernih menonjol dan cembung
4. Sisik ikan segar masih kuat melekat kuat dan mengkilat, sisik masih utuh tidak banyak yang lepas.
5. Insang berwarna merah
6. Sirip kuat
7. kulit dan daging ikan tidak mudah robek, terutama pada bagian perut. Tidak berbau busuk.









Tidak ada komentar :

Posting Komentar