Cara Menanak dan Memasak Nasi agar Pulen

Cara Menanak dan Memasak Nasi agar Pulen

UNTUK memasak nasi, panduan dasar rasio beras dengan air biasanya 1:2, satu cangkir beras untuk dua cangkir air. Kalau terpaksa menggunakan kompor, perhatikan pula hal lainnya.

Memasak nasi menjadi pelajaran pertama yang Anda harus tahu ketika berada di dapur. 
Dengan alat elektronik berupa rice cooker (penanak nasi), memasak nasi menjadi lebih mudah.

Namun, di satu kesempatan Anda mungkin tidak bisa bergantung padanya. Saatnya untuk memanfaatkan kompor untuk membuat nasi pulen, dan selanjutnya mengembangkan sendiri kreasi memasak Anda.

Menanak nasi merupakan hal yang mudah, namun mungkin sebagian orang belum benar-benar mengetahuinya. Bahan-bahan yang dibutuhkan, adalah 1 cangkir beras, 2 cangkir air, 1/2 sendok teh garam, 1 sendok makan mentega atau minyak (pilihan). Sementara, peralatan yang diperlukan, di antaranya panci kecil berukuran 2 liter atau lebih dengan penutup dan sendok nasi untuk mengaduk.

Prosesnya sederhana, berikut teknik yang dapat Anda terapkan, seperti diulas Thekitchn:

1. Cuci beras dengan cara dibilas beberapa kali dan tiriskan untuk menghilangkan partikel debu dan sisa sekam. Beberapa jenis beras ada yang memiliki lapisan tepung lebih tebal.

2. Takar beras dan air. Untuk menanak nasi, perbandingan yang sering digunakan yaitu 1:2, satu cangkir untuk beras dan dua cangkir untuk air. Bila Anda belum terbiasa menakar beras, maka hitunglah setengah cangkir beras untuk porsi satu orang. Takaran air juga biasanya tergantung pada jenis beras yang digunakan, apakah hanya butuh sedikit air atau harus menambahkan takaran air. Untuk itu, kenali karakter beras yang Anda beli.

3. Masak air hingga mendidih di dalam panci. Beras akan mengembang ketika dimasak, jadi gunakan panci yang cukup besar untuk memasak pada tahap selanjutnya. Ukuran panci yang baik yaitu 2 liter untuk memasak nasi dengan takaran beras 1-2 cangkir.

4. Ketika air telah mendidih, aduk beras, garam, dan mentega (jika menggunakan mentega), dan masak kembali hingga awal mendidih.

5. Tutup panci dan putar pengaturan panas api ke rendah. Jangan membuka tutup panci saat nasi dimasak karena uap akan keluar dan mempengaruhi waktu memasak. Perkiraan waktu memasak untuk beras putih adalah 18 sampai 25 menit dan brown rice (beras pecah kulit) adalah 30 sampai 40 meni.

Periksa kematangan beras pada waktu sekira 18 menit untuk beras putih dan 30 menit untuk beras merah. Setelah selesai, nasi akan saling terpisah. Tidak masalah jika beras sedikit lengket asal tidak bergetah. Jika masih tersisa air di dalam panci, keringkan dengan membiarkan sebentar nasi yang telah matang di dalam panci hingga air menyerap ke dalam nasi.

6. Bila nasi telah matang, matikan api dan buka tutupnya. Aduk nasi dengan sendok, dan biarkan beberapa saat agar nasi menjadi tidak basah, seperti tekstur ketika nasi dikukus dengan rice cooker












Tidak ada komentar :

Posting Komentar