Cara Lezat Membuat Kaldu Ayam

Cara Lezat Membuat Kaldu Ayam

UNTUK menambah aroma pada masakan, kaldu kerap menjadi pilihan terbaik. Kaldu memang tersedia dalam kemasan praktis seperti dijual di supermarket, tetapi ada cara mudah untuk membuatnya sendiri.

Kaldu dibuat menggunakan daging ayam beserta tulang-tulangnya dan beberapa potong sayuran, maka jadilah kaldu ayam lezat. Dengan cara ini, Anda akan memiliki kaldu ayam alami, juga keuntungan menghemat pengeluaran.

Untuk membuat kaldu sendiri di rumah, perhatikan beberapa langkah berikut, seperti diulas Sheknows:

Langkah 1: gabungkan semua bahan secara bersamaan
Masukkan tulang ayam, sisa daging ayam yang tidak digunakan, dan kaki ayam ke dalam panci sesuai kebutuhan kaldu yang diinginkan. Kemudian, beri beberapa potongan sayuran dan rempah-rempah di atasnya, seperti wortel, seledri, kemangi, bawang putih, atau disesuaikan dengan selera Anda. Sayuran dan rempah-rempah akan memberikan warna serta rasa enak pada kaldu.

Langkah 2: mulai memasak, perhatikan suhu kompor
Setelah bahan-bahan kaldu disusun, selanjutnya isi panci dengan air. Yang terpenting, semua bahan harus terendam, lalu tempatkan panci di atas kompor dan didihkan. Pada proses ini, perhatikan kondisi air. Bila terlalu lama mendidih, air akan keruh hingga timbul buih dan menghasilkan beberapa "sampah" di bagian atas kaldu.

Bila ini terjadi, segera turunkan suhu kompor dan gunakan sendok untuk mengambil buih tersebut. Setelah bersih, sesuaikan suhu panas untuk menjaga kondisi air tetap mendidih.

Langkah 3: makan lama, kaldu makin kental
Biarkan kaldu ayam mendidih selama empat hingga 12 jam. Semakin lama membiarkan bahan-bahan kaldu tercampur, maka akan semakin kuat kaldu yang dihasilkan.

Langkah 4: saring lalu simpan
Setelah kaldu ayam mendidih, biarkan panci menjadi dingin selama satu sampai dua jam. Kemudian, saring kaldu ke dalam wadah kaca atau plastik agar bisa disimpan ke dalam kulkas. Jika masih terasa panas, taruh wadah tersebut di atas sebuah mangkok berisi air dan es batu.

Jika Anda ingin menggunakan air kaldu dalam beberapa hari kemudian, cukup tuangkan ke dalam plastik khusus makanan kemudian simpan di freezer. Dan bila ingin memakainya, cairkan kaldu ayam sampai pada kondisi siap untuk digunakan










Tidak ada komentar :

Posting Komentar