Cara Merebus Telur yang Baik, Agar Matang dan tidak Pecah

Cara Merebus Telur yang Baik, Agar Matang dan tidak Pecah

Cara Merebus Telur yang Baik, Agar Matang dan  tidak Pecah, bisa dilakukan dengan beberapa cara. 

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan telur dengan tekstur telur yang kenyal, dan cangkang tidak retak. 

1. Beri jarak antar telur.
Sebaiknya beri jarak antara satu telur dengan telur yang lain. Jangan masukkan terlalu banyak telur dalam satu panci, karena hal ini bisa menyebabkan telur "menabrak" satu sama lainnya sehingga kulit mungkin akan retak dan putih telurnya merembes keluar. Selain itu, pastikan beri air sampai melebihi tinggi telur, atau sampai telur tenggelam. 

2. Jangan memasak telur terlalu lama.
Banyak orang memasak telur terlalu lama untuk memastikan telurnya matang merata, terutama bagian kuning telurnya. Namun ternyata, memasak telur terlalu lama bisa menyebabkan telur memiliki tekstur yang mirip karet. "10 menit sudah cukup untuk mematangkan telur ini," ungkap Hillary Meyer, food editor lulusan New England Culinary Institute dalam artikelnya How to Perfectly Hard Boil Eggs for Easter Eggs. 

Jika ingin telur yang sedikit lebih lunak, maka kurangi saja empat menit dari waktu yang diperlukan. Setelah 10 menit, maka rendam telur dalam air dingin sampai telur benar-benar dalam kondisi dingin. Hal ini akan mempermudah proses pengupasan telur nantinya. 

3. "Normalkan" suhu telur.
Jangan langsung merebus telur yang baru saja dikeluarkan dari lemari es. Gunakan telur yang segar dan suhu yang normal atau suhu kamar. Diamkan sejenak ketika telur keluar dari kulkas sampai suhunya normal. Telur yang baru keluar dari lemari es ini bisa membuat telur matang lebih lama, dan juga akan membuat risiko telur rusak lebih besar

dengan mengetahui Cara Merebus Telur yang Baik, Agar Matang dan  tidak Pecah, kita bisa memberikan tampilan telur yang cantik dan matang













Tidak ada komentar :

Posting Komentar