Tips Benar Cara Tepat Menyimpan Makanan di Kulkas

Tips Benar Cara Tepat Menyimpan Makanan di Kulkas

Makanan merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain jenis makanan segar, ada pula makanan yang bisa disimpan untuk beberapa waktu untuk dikonsumsi di hari esok. Menyimpan makanan tidak boleh sembarangan, salah satunya di dalam kulkas. Karena bila salah dalam penyimpanan, makanan akan terkontaminasi oleh bahan lain atau bahkan rusak.

Untuk itu, ketahuilah beberapa tips dalam menyimpan makanan di dalam kulkas, sehingga tetap layak untuk dikonsumsi dan kualitas bahan pun tetap terjaga. Berikut adalah ulasannya.

Suhu freezer
Anda harus memastikan suhu freezer berkisar pada 5 derajat celcius. Pada suhu inilah bahan makanan yang disimpan akan lebih awet karena mencegah penyebaran bakteri. Menyimpan daging pada suhu ini juga akan membuatnya lebih awet dan usia pakainya bisa lebih panjang.

Bersihkan freezer
Freezer juga harus dibersihkan secara rutin agar terhindar dari aroma busuk dan bakteri jahat. Anda bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan bagian yang bernoda.

Rak bawah
Rak di bawah freezer merupakan tempat terdingin kedua setelah freezer, sehingga bahan makanan yang cocok untuk disimpan di rak ini adalah susu, ikan, dan bahan lain yang membutuhkan suhu dingin agar tidak mudah basi.

Rak pintu
Sebaliknya, rak di bagian pintu adalah bagian dari kulkas yang paling hangat. Setiap dibuka, bagian tersebut akan langsung menyentuh udara yang lebih hangat. Makanan yang bisa disimpan di sini adalah bumbu kering, minuman, telur, dan permen.

Sayur dan buah
Setiap sayur dan buah-buahan memiliki kelembaban yang berbeda. Untuk itu, sebaiknya pisahkan antara sayuran dan buah-buahan, sehingga keduanya tidak saling mempengaruhi tingkat kematangan masing-masing. Buah pada umumnya mengeluarkan asam yang membuat sayur akan lebih matang. Jadi, agar sayur tidak cepat busuk, pisahkan sayur dari buah-buahan.

Selalu bersihkan pula kebersihan kulkas secara rutin, agar makanan yang disimpan di dalamnya selalu dalam kualitas yang baik.










Tidak ada komentar :

Posting Komentar